News Archived


Jantung di Luar Tubuh Bayi Siti Arrahma Mulai Dioperasi

Jantung di Luar Tubuh Bayi Siti Arrahma Mulai Dioperasi

Bayi asal Riau, Siti Arrahma yang terlahir dengan jantung berada di luar tubuh menjalani operasi pertama di Rumah Sakit Anak Bunda (RSAB) Harapan Kita Jakarta. Pada tahap pertama, operasi dilakukan untuk memasang selaput atau kulit jantung buatan dari jaringan sapi.

Selaput sintetis yang akan dipakai untuk membungkus jantung siti diupayakan memakai pericardium atau jaringan dari kulit sapi. Namun jika dalam operasi yang tengah berlangsung saat ini nantinya tidak memungkinkan untuk memasang pericardium sapi, selaput itu akan dibuat dari bahan lain yang steril.

"Nanti kita lihat dulu, kalau bisa ya pakai pericardium sapi. Tapi kalau tidak ya asal ketutup saja dulu," ungkap spesialis bedah jantung yang menangani Siti, dr Tri Wisesa dalam jumpa pers di RSAB Harapan Kita, Slipi, Jakarta, Rabu (21/9/2011).

Dikatakan oleh dr Tri, kondisi yang dialami Siti sangat kompleks sehingga operasinya harus dilakukan secara bertahap. Setelah jantungnya tertutup, operasi selanjutnya adalah memperbaiki kelainan pada jantungnya sendiri.

Berdasarkan pemeriksaan, Siti juga memiliki beberapa kelainan selain letak jantungnya yang ada di luar. Di dalam jantungnya sendiri terdapat kelainan ventricle septal deffect, yakni kelainan bawaan yang membuat sekat jantungnya tidak normal.

Mengenai biayanya, Dinas Kesehatan Pekanbaru telah menyatakan kesediaannya untuk membantu operasi Siti. Dengan didukung juga oleh rumah sakit dan pemerintah pusat, dipastikan orangtua siti tidak perlu menanggung biaya apapun lagi.

Sementara itu ketua tim dokter yang menangani bayi Siti yakni dr Rudy Firmansyah mengatakan sebenarnya kelainan semacam ini bisa dideteksi sejak dalam kandungan. Namun karena orangtua Siti tidak memeriksakan kehamilannya ke dokter, maka baru ketahuan saat lahir.

"Proses kelahiran Siti dibantu dukun, jadi saya perkirakan selama hamil tidak pernah diperiksa. Dengan USG saja seharusnya bisa terdeteksi. Kalau hanya didengarkan saja ya tidak bisa," terang dr Rudi.

Seperti diberitakan detikHealth sebelumnya, Siti lahir dengan kelainan ectopia cordis atau jantung terbuka yang hanya terjadi pada 8 dari 1 juta kelahiran. Kondisi jantung Siti lebih langka lagi, karena posisinya benar-benar tidak tertutupi.

Orangtua keberatan jantung Siti difoto

Dalam jumpa pers tersebut, ayah Siti yang juga hadir, Khairudin memberikan pesan khusus kepada wartawan. Ia merasa keberatan jika anaknya ditampilkan di media dalam kondisi jantungnya terbuka.

"Ya kalau bisa, fotonya yang seperti ini saja," pinta Khairudin sambil menunjuk layar yang menampilkan gambar Siti dengan jantung terbungkus perban. (up/ir)

Sumber : detikom


Updated 25 September 2011 00:14


Share ›      Facebook Share      Twit It Now!   
CUSTOMER CARE

+62 264 8223434, 8223444

+62 811 129434

+62 817 0129434

PEMESANAN OBAT

+62 813 1872 6655

+62 818 0919 9788

Chat With Us !










   

Share :

Find Us :


@ Google Map