Tentang Planta Holistica


Tentang Planta Holistica

I. Sejarah Planta Holistica

Planta holistica merupakan bagian dari usaha bisnis PT Holistic Indonesia yang bergerak di bidang pertanian berbasis konsep organik, dengan tujuan untuk mensuplai kebutuhan mitra-mitra planta holistica dari hasil pengembangan perkebunan tanaman obat, pertanian sayur dan buah, serta peternakan organik.

Pola pertanian organik merupakan hal utama yang kami terapkan dalam segala lini aktivitas maupun program yang kami jalankan. Seluruh proses bercocok tanam tanaman obat, sayuran maupun buah-buahan yang dilakukan di kawasan planta holistica murni menerapkan konsep pertanian organic, tidak ada pupuk kimia maupun pestisida kimia yang kami berikan ke tanaman. Hal tersebut berhasil kami lakukan karena ketersediaan pupuk kompos yang kami produksi dan eksperimen kami untuk menciptakan pestisida nabati dari bahan-bahan almi yang ada di kawasan planta holistica


II. Hubungan Planta Holistica dengan PT Holistic Indonesia

Planta holistica merupakan salah satu anak perusahaan PT Holistic Indonesia yang melakukan kerjasama bisnis dengan anak perusahaan-anak perusahaan lain di bawah naungan PT Holistic Indonesia, dengan target utama untuk memperoleh keuntungan financial dari program-program pertanian organik yang dikembangkan.

Divisi planta holistica memiliki jalur intruksi langsung di bawah presiden direktur PT Holistic Indonesia, dengan demikian planta holistica diharapkan memiliki kemandirian manajemen yang akan mempercepat dalam pencapaian target-target usaha divisi planta holistica.


III. Ruang Lingkup Unit Usaha Planta


Planta holistica terbagi menjadi beberapa unit usaha sebagai berikut:

a. Planta Farm
Kegiatan planta farm adalah mempersiapkan hasil hewani dari mulai budidaya ternak sampai dengan produk peternakannya. Peternakan yang dikembangkan dalam planta farm meliputi: kambing etawa, CTLR, ayam, kelinci, marmot dan ikan air tawar.

Usaha peternakan yang sudah dikembangkan meliputi:
a. Kambing etawa
b. Ayam
c. Kelinci
d. Marmut
e. Cacing tanah
f. Perikanan air tawar


b. Agromedik

Merupakan salah satu prioritas dalam mendukung usaha PT Holistic Indonesia untuk mencapai target produksi obat-obatan alami dari tumbuhan. Tanaman obat yang dikembangkan telah mencapai ± 200 jenis tanaman obat dengan perincian: 17 jenis tanaman obat sudah dibudidayakan dalam skala produksi (ada kontinuitas hasil panen) dan sisanya masih dalam tahap skala pembibitan disebabkan karena kendala bibit yang masih langka dan adaptasi tanaman terhadap lahan yang cukup lama.

Unit usaha agro medik membudidayakan berbagai jenis tanaman berkhasiat obat sebagai bahan baku pembuatan obat herbal yang diproduksi oleh pabrik obat yang perusahaan kami miliki sendiri, yaitu PT Biomedicine. Berkaitan dengan unit usaha agro medic, planta holistica pernah melakukan kerjasama dengan dinas pertanian Kabupaten Purwakarta dalam proyek pelatihan penanaman jahe, kencur dan kunyit terhadap petani mitra binaan.

Divisi planta holistica bersama PT Bio Medicine juga pernah mewakili PT Holistica Indonesia dalam keikutsertaannya sebagai anggota konsorsium nasional penyusun Standar Nasional (SNI) biofarmaka sekaligus sebagai angota tim penyusunan Rancangan Undang-Undang Hortikultura atas prakarsa Direktur Jenderal Hortikultura Departemen pertanian.


c. Agroorganik


Kegiatan yang dilakukan adalah membudidayakan tanaman sayur-sayuran dan buah-buahan dengan metode perkebuanan organik, dengan target usaha untuk memenuhi kebutuhan divisi nutrisi dari rumah sakit holistic, kampung organik dan supermarket organik akan komoditas sayur-sayuran dan buah-buahan organik.

Kegiatan usaha yang telah dilakukan adalah penanaman buah-buahan dan sayur-sayuran di kawasan area planta dan hasilnya dikirimkan ke bagian nutrisi maupun pihak-pihak lain di bawah naungan PT Holistica Indonesia yang membutuhkan.


d. Agrowisata


Merupakan program jangka panjang planta holistica sebagai kawasan agrowisata organik terpadu yang mampu menarik perhatian orang untuk datang berkunjung. Sisi yang diunggulkan dari konsep agrowisata planta holistica adalah keindahan panorama kawasan planta holistica dan keanekaragaman unit-unit usaha yang dikembangkan oleh divisi planta holistica.

Keragaman unit-unit usaha yang dikembangkan oleh divisi planta holistica dan kondisi panorama alam kawasan planta yang indah memunculkan ide kreatif kami untuk mengarahkan penataan area planta menjadi kawasan wisata pertanian organik terpadu. Konsep yang kami tawarkan adalah perpaduan antara wisata alam yang memberikan kepuasan batin karena keindahan alam yang disajikan dengan proses pembelajaran mengenai bagaimana cara becocock tanam dan beternak menggunakan konsep organic.

Para pengunjung akan kami ajak untuk melihat secara langsung mengenai berbagai komoditi tanaman dan hewan ternak yang dikembangkan oleh divisi planta. Para pengunjung dapat bertanya dan belajar, bahkan boleh mencoba langsung tata cara budidaya pertanian menggunakan konsep organic yang dilakukan di planta holistica. Pengunjung juga dapat memetik sendiri buah-buahan dan sayuran yang ada, sekaligus mencicipi beberapa produk makanan dan minuman khas planta holistica yang tidak akan dijumpai ditempat lain


IV. Penutup


Demikian makalah sekilas pemaparan tentang planta holistica, semoga dapat memberikan pemahaman yang menyeluruh tentang situasi dan kondisi yang ada di divisi planta holistica.



Share ›      Facebook Share      Twit It Now!